Januari 06, 2009

Sertiam (Serah Terima Amanah)

Alhamdulillah, 5 januari 2009, Sertiam ROSIL (Rohani Islam Sipil dan Lingkungan) 2008 telah dilaksanakan. ini pertanda bergantinya sebuah kepengurusan. sertiam berjalan dengan lancar meski sempat ditunda kurang lebih 20 menit karena ada suatu hal.

Meskipun sertiam telah dilaksanakan, bukan berarti kepengurusan sebelumnya 'lepas tangan'. Justru dibalik itu ada amanah yang hampir sama beratnya seperti ketika menjabat. yaitu, bahwa kita harus membimbing dan mengawasi adik-adik kita untuk meneruskan perjuangan kita. Jangan sampai kita melepas mereka begitu saja karena itu bukan tindakan seorang pemimpin yang baik. Jika bukan kita yang membimbing dan mengawasi siapa lagi? Disitulah point penting dari sertiam. Perlu ada continuitas, yang telah berakhir jabatannya hendaknya membimbim mereka yang baru menerima jabatan. Jika setiap kepengurusan tidak mau tahu untuk membina adik-adiknya, maka tujuan dari organisasi itu tidak akan tercapai sampai kapanpun sehebat apapun pengurusnya.

Salah satu bentuk kepedulian alumni sebuah organisasi ialah membina, minimal itu. Saat ada kegiatan, alumni bisa memberikan masukan dan mengarahkan. Supaya kegiatannya bisa dilaksanakan secara maksimal. Biasanya acara-acaranya juga tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Oleh karena itu, sangat membantu sekali jika alumni ikut memberikan pengarahan sehingga kesalahan yang pernah terjadi tidak terulang lagi.

Di SMA ku dulu ada organisasi yang senantiasa melibatkan alumninya. Alumni nya senantiasa membantu mengarahkan dalam menjalankan roda kepengurusan. Alhasil, kegiatannya selalu terencana rapi, pelaksanaanya baik, dan seluruh anggota merasakan manfaat dari kegiatan itu. Subhanallah..Itulah pentingnya keterlibatan alumni dalam sebuah organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar